Mengintip Cara, Syarat Dan Biaya Balik Nama Motor 2021, Simak Disini!

Mengintip Cara, Syarat Dan Biaya Balik Nama Motor 2021, Simak Disini!

Ketika anda membeli sepeda motor dalam keadaan yang bekas, tentunya balik nama adalah hal penting yang perlu untuk anda ketahui. Karena agar kendaraan tersebut bisa atas nama anda bukan atas nama pemilik sebelumnya. Mengenai syarat, cara dan juga biaya balik nama motor 2021 memang tidak mudah. Untuk itu, berikut ini akan ulasan pembahasannya.

Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Balik Nama

1. Menyiapkan Syarat dan Dokumen

Pertama, dalam melakukan balik nama motor ini anda memerlukan kelengkapan kelengkapannya terlebih dahulu. Adapun hal hal yang perlu anda persiapkan adalah STNK asli dan fotocopy. Kemudian, anda juga perlu untuk menyiapkan KTP pemilik baru yang asli dan juga beserta foto copynya.

Lalu, anda pun juga perlu membawa BPKB asli dan juga fotocopy. Jangan lupa di dalam melakukan balik nama ini, anda perlu melakukan kwitansi pembelian dan juga faktur yang asli maupun foto copy. Setelah anda melengkapi berbagai macam persyaratan tersebut, maka anda pun bisa segera untuk mengurus balik nama tersebut.

2. Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Sebelum anda mengetahui biaya balik nama motor 2021, maka biasanya akan melakukan cek fisik kendaraan. Prosedur tersebut terjadi ketika syarat telah terpenuhi. Kemudian, lanjut ke proses gesek nomor mesin dan juga nomor rangka oleh petugas. Namun sebelum itu, ada baiknya anda melakukan cek pendaftaran di loket cek fisik terlebih dahulu.

3. Melakukan Pengesahan Cek Fisik Kendaraan

Kemudian, setelah hasil cek fisik kendaraan bermotor yang anda miliki, yakni stiker hasil gesek nomor, rangka dan nomer mesin, maka anda pun bisa melanjutkan ke loket cek fisik. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengesahan hasil cek fisik dari kendaraan tersebut.

4. Mengambil Formulir dan Ke Loket Balik Nama

Setelah prosedur cek fisik kendaraan selesai, anda akan menuju untuk mengambil formulir di loket Surat Pendaftaran Objek Pajak Daerah. Pada proses ini, anda pun bisa melakukan pengisian formulir pendaftaran yang benar sesuai dengan data data yang telah anda miliki. Lalu anda bisa mengumpulkan formulir beserta dokumen yang anda perlukan ke loket pendaftaran balik nama.

Selanjutnya, sebelum anda ke proses biaya balik nama motor 2021, anda bisa menunggu terlebih dahulu di antrian hingga nantinya nama anda dipanggil untuk ke tahapan selanjutnya. Nantinya, anda pun akan disuruh untuk mengisi formulir lagi dan isilah dengan teliti sesuai dengan data data yang dimiliki dan kembalikan lagi ke loket pendaftaran balik nama.

5. Melakukan Proses Pembayaran

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah menuju ke loket pembayaran. Nantinya anda akan dipanggil untuk melakukan proses pembayaran pajak dan juga lain sebagainya. Selanjutnya, setelah anda membayar biaya tersebut, anda bisa menuju ke loket pengambilan STNK. Di loket satu ini anda pun akan diberikan surat pengantar untuk melakukan pembayaran penerbitan BPKB.

Kemudian, hal lain yang perlu anda tahu dalam biaya balik nama motor 2021 ini adalah anda bisa membayar biaya penerbitan BPKB. Setelah anda mendapatkan bukti pembayaran, maka anda pun bisa mengambil STNK dan plat nomor baru. Sedangkan untuk pengambilan dari BPKB sendiri, anda pun bisa menunggunya selama beberapa hari kemudian.

Dalam pengambilan BPKB baru ini, anda bisa mengambilkan di petugas Kantor Samsat sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Adapun syarat pengambilannya adalah dengan membawa bukti pembayaran, KTP dan juga STNK asli. Untuk biayanya sendiri yakni tergantung di daerah masing masing. Apabila anda berada di Bali, klik linknya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat