Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan dan Tahapan Pengurusannya

Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan dan Tahapan Pengurusannya

Membayar pajak kendaraan bermotor adalah sebuah kewajiban setiap pemilik kendaraan. Jenis pajak pun sangat beragam, ada yang sifatnya tahuan dan ada pula yang 5 tahun sekali. Pembayaran pajak yang 5 tahunan biasanya berbarengan dengan penggantian STNK dan nomor polisi. Syarat bayar pajak motor ini pun lebih rumit berbanding dengan yang tahunan. Berikut informasinya.

Dokumen Bayar Pajak 5 Tahunan

Setiap lima tahun sekali, pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak tambahan. Pembayarannya tidak sefleksibel pajak tahunan, karena juga meliputi penggantian STNK dan juga penggantian nomor polisi. Alhasil, dokumen yang menjadi syarat juga lebih kompleks. Para wajib pajak juga perlu mengisi formulir.

Sejauh ini, great gerai samsat dan aplikasi pajak online tidak melayani pembayaran pajak 5 tahun. Kondisi ini terjadi karena perlu pengecekan fisik kelayaan sepeda motor yang hendak diregistrasikan. Proses pemeriksaan ini di kantor samsat pusat, dan tidak tersedia pada gerai samsat keliling.

Baca Juga : Biaya Balik Nama Motor, Cek di Sini Contoh Perhitungannya!

Adapun syarat yang perlu dibawa oleh setiap pemohon adalah STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, serta KTP pemilik kendaraan yang asli dan fotokopi. Syarat bayar pajak motor ini harus ada pada pemilik kendaraan. Namun jika anda ingin diwakilkan, jangan lupa untuk memberikan surat kuasa yang sah, dan telah dilengkapi dengan tandatangan diatas materai.

Biaya pengurusan pajak 5 tahunan juga lebih besar dibandingkan dengan pajak tahunan. Oleh karena itu, pastikan anda membawa uang lebih agar tidak kesulitan saat melakukan pembayaran. Selain itu, alurnya juga lebih panjang, dan dapat memakan waktu berjam jam, terlebih jika kondisinya sedang mengantri. Oleh karena itu, lebih nyaman jika anda sudah datang ke samsat di pagi hari.

Alur Pengurusan

Setelah menyiapkan syarat, anda langsung saja datang ke kantor pusat samsat yang ada di wilayah domisili. Setelah itu, ambillah antrian untuk melakukan cek fisik kendaraan. Sebelum masuk ke bagian tersebut, letakkan syarat bayar pajak motor di lokasi yang mudah untuk dijangkau. Karena selama pemeriksaan cek fisik, perlu dokumen BPKB.

Setelah beres, anda pelru melamjutkan prosesnya dengan megisi formulir. Pengisian secara manual, sehingga jangan lupa untuk membawa alat tulis. Namun ada beberapa kantor samsat yang pengisiannya sudah menggunakan komputer. Apapun metodenya, lebih baik bawalah alat tulis untuk berjaga jaga. Setelah pengisian seluruh data, serahkan pada petugas loket.

Mereka akan memverifikasi setiap data yang anda masukkan, agar tidak ada kekeliruan. Untuk itu, anda juga perlu melampirkan hasil pemeriksaan cek fisik sebelumnya. Siapkan pula dokumen yang telah siap dari rumah. Susun berkas dengan urut, agar memudahkan pihak verifikator.

Syarat bayar pajak motor 5 tahunan itu sifatnya sangat penting sehingga jangan sampai ketinggalan dan ada yang kurang. Setelah semuanya clear, anda perlu mengisi surat pernyataan bahwa identitas yang telah benar-benar sesuai dan tidak ada perubahan. Terakhir, lakukan pembayaran di loket yang tersedia.

Demikianlah informasi singkat terkait dengan pembayaran pajak sepeda motor untuk yang lima tahunan. Jika seandainya anda hanya kana membayar pajak tahunan, maka prosesnya tidak akan sepanjang itu. Apabila anda sibuk dan tidak memiliki waktu luang, gunakan saja jasa biro pengurusan surat kendaraan, seperti samsatbali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat