Tak Perlu Panik, Berikut Simak Tips dan Cara Mengurus STNK Hilang

Tak Perlu Panik, Berikut Simak Tips dan Cara Mengurus STNK Hilang

Urus STNK hilang? Terkadang anda pun pernah mengalami keteledoran, yang mana membuat STNK kendaraan bermotor anda menjadi hilang. Akan tetapi, jika anda mengalami kejadian tersebut, tentunya tak perlu panik. Sebab, terdapat beberapa cara mengurus STNK hilang yang perlu untuk anda ketahui. Berikut ini simak beberapa tipsnya untuk atasi masalah tersebut.

Hal Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Urus STNK Hilang

1. Perhatikan Persyaratannya Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ketika STNK hilang adalah tidak panik. Namun, anda juga perlu untuk memperhatikan persyaratan apa saja yang wajib anda penuhi ketika mengurus surat kendaraan satu ini. Perlu anda tahu, bahwa mengurus STNK yang hilang hanya bisa dilakukan pada Samsat masing masing dengan membawa perlengkapan tertentu.

Sebelum mengurusnya, ada baiknya anda melapor terlebih dahulu ke kantor polisi terdekat. Hal satu ini bertujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan surat keterangan kehilangan yang selanjutnya bisa Anda bawa ke Samsat setempat. Adapun beberapa berkas yang wajib anda bawa ketika mengurusnya adalah KTP asli dan juga fotocopy.

Baca Juga : Mengurus STNK Melalui Biro Jasa STNK, Bolehkah?

Kemudian, syarat untuk mengurus STNK hilang yang lain adalah dengan membawa fotokopi STNK apabila anda memilikinya. Selain itu, anda juga bisa membawa surat kehilangan STNK yang diurus di kantor polisi beserta BPKB asli maupun foto copy. Dengan membawa kelengkapan dokumen tersebut, maka anda pun akan bisa mengurus kehilangan dengan mudah.

2. Datang ke Kantor Samsat

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan setelah menyiapkan dokumen adalah mendatangi kantor SAMSAT. Dengan mendatangi kantor tersebut, nantinya anda pun akan bisa mengurus semua hal yang diperlukan. Sehingga nantinya anda pun akan bisa untuk mendapatkan STNK anda kembali.

3. Isilah Formulir Pendaftaran yang Tersedia

Sesampainya di SAMSAT, anda pun bisa untuk mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Ketika anda menulis formulir ini, pastikan untuk mengisinya secara lengkap dan benar. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam pengurusan STNK yang hilang. Kemudian, anda pun bisa menyerahkan kelengkapan formulir tersebut pada loket yang mengurus bagian STNK hilang.

4. Serahkan Berkas

Cara mengurus STNK hilang berikutnya adalah dengan menyerahkan semua dokumen yang anda perlukan pada loket yang tersedia. Apabila anda tidak mengetahui tempat untuk mengurus STNK yang hilang ini, maka anda bisa segera untuk bertanya ke petugas yang bekerja. Barulah anda bisa menunggu beberapa saat untuk proses pengecekan fisik kendaraan.

5. Mengecek Kondisi Fisik Kendaraan

Ketika prosedur telah selesai, maka petugas pun nantinya akan mengecek fisik kendaraan bermotor. Kondisi fisik dari kendaraan menjadi salah satu proses yang perlu dilakukan saat mengurus STNK yang hilang. Disini, pengurus tidak hanya akan melakukan cek fisik saja. melainkan juga akan menggesek nomor rangka dan juga mesin. Lalu pemilik kendaraan bisa menggandakan hasil cek fisik.

6. Membayar

Tahapan terakhir dalam mengurus STNK hilang adalah melakukan pembayaran. Pada tahap ini, anda bisa membayar pembuatan STNK yang hilang pada loket pembayaran. Kemudian, sebelum anda melakukan hal tersebut, ada baiknya anda memastikan bahwa kendaraan yang anda gunakan terbebas dari pajak sehingga tidak akan terkena denda.

Itulah beberapa langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurus STNK kendaraan bermotor anda yang hilang. Anda hanya perlu untuk menunggu dan menyerahkan bukti pembayaran. Setelah itu tunggulah proses validasi hingga anda mendapatkan STNK yang baru. Cara mengurus ini pun tidak sesulit yang anda bayangkan, sehingga jangan terburu buru untuk panik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat