Tata Cara Balik Nama Motor dan Syarat-Syaratnya

Tata Cara Balik Nama Motor dan Syarat-Syaratnya

Balik Nama Motor – Ketika anda membeli kendaraan bermotor bekas, tentu saja nama yang tercetak di STNK dan BPKB bukanlah nama anda. Dengan demikian, anda perlu melakukan balik nama motor agar kendaraan tersebut resmi menjadi milik anda. Sebab, nama yang berbeda antara KTP dengan STNK dan BPKB akan menyulitkan nantinya. Untuk itu, yuk intip apa syarat dan prosesnya.

Syarat Untuk Balik Nama di STNK

Beberapa berkas yang perlu anda persiapkan untuk melakukan balik nama di STNK adalah KTP, STNK, BPKB, dan faktur. Masing-masing berkas tersebut adalah asli dan fotocopy. Pegunakan KTP dari pemilik kendaraan yang baru. Kemudian, anda juga harus menyertakan bukti pembelian kendaraan yang asli, bisa berupa kwitansi.

Setelah berkas siap, anda bisa menuju Kantor Samsat untuk melakukan balik nama STNK sesuai dengan alamat dari KTP pemilik yang baru. Akan tetapi, jika proses balik nama ini terjadi pada wilayah yang berbeda, maka anda harus melakukan pencabutan berkas terlebih dahulu di Kantor Samsat tempat kendaraan tersebut terdaftar agar tidak terjadi redundan data.

Misalnya, anda tinggal di Kota Bogor, tapi alamat dari kendaraan motor yang anda beli di Kabupaten Bogor. Artinya, anda harus melakukan pencabutan berkas ke Kabupaten Bogor terlebih dahulu tempat kendaraan anda sebelumnya sudah terdaftar. Setelah itu, anda baru bisa mengurus prosedur balik nama motor di wilayah yang sesuai dengan alamat KTP anda.

Syarat Untuk Balik Nama BPKB

Setelah melakukan balik nama STNK, maka selanjutnya perlu melakukan proses balik nama di BPKB. Umumnya, balik nama BPKB ini juga bisa dilakukan di Kantor Samsat dan sudah tersedia loket khusus. Adapun syarat-syarat yang perlu anda persiapkan adalah fotocopy KTP pemilik baru, STNK, bukti pembelian sepeda motor, dan hasil pengecekan fisik kendaraan.

Kemudian, anda juga perlu menyertakan BPKB yang asli dan fotocopy-nya. Anda perlu mengisi formulir balik nama BPKB sesuai dengan data motor anda dan menyerahkannya kepada petugas beserta pelunasan pembayaran. setelah itu, anda akan mendapat slip bukti pendaftaran balik nama BPKB dan diminta kembali sesuai tanggal yang tertera.

Proses balik nama motor memang cukup rumit jika anda harus mengurus di wilayah yang berbeda. Selain itu, anda membutuhkan ekstra waktu karena biasanya akan banyak orang yang mengurus kendaraan mereka di waktu tersebut. Jika anda tidak punya waktu, maka anda bisa menggunakan Jasa Samsat Bali untuk mengurus proses balik nama kendaraan anda.

Baca Juga : Mengulik Proses Beserta Biaya Balik Nama Mobil, Lengkap dan Terbaru!

Kelebihan Menggunakan Biro Jasa Samsat

Kesibukan seringkali menjadi penyebab mengapa seseorang tidak sempat untuk melakukan prosedur balik nama. Bisa juga karena lokasi yang jauh, sehingga perlu waktu dan tenaga yang cukup banyak. Karena hal inilah, lahir biro jasa Samsat uang bisa anda manfaatkan untuk membantu pengurusan cabut berkas, balik nama, dan lain-lain.

Dengan menggunakan biro jasa Samsat, anda cukup menyerahkan berkas-berkas kelengkapan yang perlu untuk mengurus kendaraan anda. Setelah itu, tim biro jasa Samsat yang akan menggantikan anda untuk melakukan hal tersebut, seperti balik nama motor. Dengan begitu, anda bisa fokus dengan pekerjaan anda dan pengurusan balik nama juga terselesaikan dengan baik.

Mengurus balik nama STNK ataupun BPKB sangatlah penting karena anda akan membutuhkannya ketika nanti melakukan pembaharuan STNK dan plat nomor 5 tahunan. Sebab, nama KTP yang digunakan dengan nama di STNK dan BPKB harus sama. Hal ini tentu akan menyulitkan anda jika tidak melakukan balik nama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat