Yuk Urus Sendiri! Berikut Persyaratan dan Biaya Ganti Plat Nomor

Yuk Urus Sendiri! Berikut Persyaratan dan Biaya Ganti Plat Nomor

Setiap kendaraan, baik itu roda 2 maupun roda 4 pasti harus melakukan penggantian plat motor dan STNK setiap 5 tahun sekali. Dalam hal ini, ada biaya ganti plat nomor yang harus anda bayarkan dan beberapa langkah yang harus anda lakukan. Anda tidak perlu khawatir akan sulit karena semua prosesnya sangat mudah, hanya perlu sedikit sabar untuk mengantre saja.

Pentingnya Mengurus STNK dan Plat Nomor

Pengurusan plat nomor yang baru berbarengan dengan pengurusan STNK yang baru, yaitu setiap 5 tahun sekali. Mengurus pembaharuan STNK dan plat nomor adalah hal yang sangat penting karena STNK merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang sah. Begitu juga dengan plat nomor kendaraan yang menunjukkan jika kendaraan tersebut dalam kondisi hidup (aktif).

Apa yang terjadi ketika STNK dan plat nomor kendaraan tidak ganti setelah 5 tahun? Tentu saja kendaraan anda akan teridentfikasi sebagai kendaraan yang ilegal. Dengan begitu, anda juga akan kena tilang oleh polisi karena kendaraan anda tidak terdaftar secara resmi. Sekalipun anda membawa STNK saat berkendara, tapi jika tidak membayar pajaknya, anda tetap teridentifikasi tidak membawa STNK.

Sama halnya dengan STNK, plat nomor di kendaraan anda yang tidak melakukan pembaharuan juga akan mendapat tilangan dari polisi. Untuk itu, anda bisa ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang perlu dipersiapkan serta berapa biaya ganti plat nomor dan STNK. Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk mengurus pembaharuannya.

Syarat yang Perlu Dipersiapkan

Beberapa berkas yang perlu anda persiapkan adalah STNK, KTP, dan BPKB untuk kendaraan pribadi. Masing-masing terlampir berkas yang asli dan fotocopy-nya. Selain itu, pastikan juga nama di KTP dan nama di STNK adalah sama supaya anda tidak diminta kembali oleh petugas. Apabila anda mewakili atau meminta orang lain untuk mewakili anda, maka harus ada surat kuasa bermaterai.

Sementara itu, untuk kendaraan perusahaan terdapat syarat tambahan, yaitu Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), NPWP Perusahaan, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Setelah seluruh berkas ini tersedia, anda bisa berangkat ke Kantor Samsat untuk mengurus pembaharuan STNK dan plat nomor.

Umumnya, banyak sekali alasan mengapa seseorang terlambat dalam mengurus pembaharuan STNK dan plat nomor. Ada yang sibuk, tidak tahu berapa besaran biaya ganti plat nomor, malas, dan lain-lain. Padahal, hal ini dapat berdampak buruk kedepannya. Untuk mengatasi hal itu, anda bisa menggunakan biro jasa untuk membantu anda.

Besaran Biaya 

Besaran biaya yang perlu anda siapkan sebetulnya berbeda-beda, tergantung dengan jenis dan merek kendaraan serta lokasi anda tinggal. Namun, berikut ini estimasi biayanya. Untuk biaya cek fisik sekitar Rp 10 ribu – Rp 20 ribu, lalu biaya STNK tergantung nominal yang ada di STNK, dan biaya ganti STNK sebesar Rp 100 ribu.

Sementara itu, anda juga bisa mengajukan pembaharuan BPKB atau ganti pemilik dengan biaya sebesar Rp 225 ribu. Kemudian, biaya untuk pembuatan plat nomor sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribuan. Biaya ganti plat nomor ini juga bisa berbeda-beda, tergantung jenis kendaraan dan lokasi. Biasanya, ada biaya asuransi kecelakaan sekitar Rp 35 ribu.

Bagi anda yang tinggal di Bali dan membutuhkan biro jasa pengurusan pajak kendaraan bermotor bisa menghubungi Jasa Samsat Bali. Banyak sekali layanan yang tersedia dan anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan pihak Jasa Samsat Bali yang tentunya terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat